Rabu, 06 Desember 2006

0 Jenis Penyakit Pada Aglaonema tips dari semua tanaman


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Penyakit

Penyakit pada tanaman khususnya aglaonema disebabkan oleh 2 pantagon , yaitu cendawan dan bakteri . Jumlah cendawan yang menyebabkanpenyakit umumnya lebih banyak dibanding bakteri . Bagian tanaman yang terkena bakteri biasanya mengeluarkan bau tidak sedap .

  1. Busuk Akar

Penyakit ini ditandai dengan daun yang menjadi pucat lalu busuk , batang yang berlubang dan layu , serta akarnya berwarna coklat kehitaman . Busuk akar disebabkan karena media yang terlalu lembab sehingga mengakibatkan cendawan cepat berkembang . Tanggulangi busuk akar dengan mengganti media baru yang lebih yang lebih porous , lalu potong bagian akar yang busuk dan oleskan fungisida pada bekas potongan . Bisa juga dengan menyemprotkan fungisida Previcur N dosis 1 ml/l dengan frekuensi 2 minggu sekali .

  1. Layu Fusarium

Gejala serangan ditandai dengan tulang daun yang pucat berubah warna mejadi coklat keabuan lalu tangkainya membusuk . Penyebabnya adalah media yang selalu basah sehingga media tanam jadi ber-pH rendah . Kondisi tersebut membuat cendawan Fusarium oxyporium leluasa berkembang . Penyakit ini dapat ditanggulangi dengan cara mengganti media tanam . Dapat juga dengan menyiramkan fungisida Derosol 500 SC dosis 1,5 ml/l setiap 2 minggu . Bisa juga diatasi dengan menyemprotkan Fungisida Derosol 5 SC dosis 1,5 ml/l setiap 2 minggu . Bisa juga diatasi dengan menyemprotkan fungisida Folikur 25 WP 1-2 g/l atau Folicur 250 EC 1-2 ml/l atau Delsane MX 200 dosis 1 g/l . Penyakit ini juga dapat dicegah dengan menyiramkan Folidur 250 EC dengan konsentrasi 2 ml/l setiap 2 minggu sekali .

  1. Layu bakteri

Dari namanya tentu dapat diketahui bahwa penyakit tanaman ini disebabkan oleh bakteri . Layu bakteri ditandai dengan daun dan batang yang melunak serta bau tidak sedap . Untuk mencegahnya , media tanam harus terus dijaga agak tidak terlalu basah dan lingkungan sekitar tidak terlalu lembab . Atasi layu fusarium dengan menyemprotkan bakterisida Agrept dosis 1-2ml/l atau Starner dosis 1 g/l setiap 2 minggu sekali .

  1. Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan . Sesuai namanya , penyakit ini ditandai adanya bercak pada daun yang lama kelamaan akan membusuk . Bercak pada daun yang lama kelamaan akan membusuk . Bercak daun ini dapat diatasi dengan langsung memotong daun yang busuk . Dapat juga dengan menyemprotkan fungisida Folicur 25 WP dosis 1-2 g/l atau Folicur 250 EC dosis 1-2ml/l . Selain itu , dapat juga dengan menggunakan Score dosis 1 cc/l . Frekuensi penyemprotannya 2 minggu sekali . Pupuk berkadar kalsium tinggi juga dapat membantu mengatasi penyakit ini .

Setiap manusia pasti menyukai pekerjaan yang ia minati . Nah berhubung blog ini tentang tanaman so ,… jadi kita ngebahas tentang tanaman saja ya . kalau saya perhatikan komunitas tanaman hias semakin marak di tanah air . Entah apa yang ada di benak para penghobies or petani tanaman . Perlu anda ketahui untuk sukses di bidang bisnis tanaman hias ternyata , kalau saya perhatikan di sini lebih menekankan MODAL , kalau menurut saya pribadi . Saya pembuat selaku penulis blog ini lebih suka memasarkan lewat internet ketimbang terjun langsung di bisnis tersebut . Karena saya pribadi lebih menyukai Komunitas Komputer .

Foto di atas ini adalah sejenis Aglaonema yang saya edit di program photoshop hehehe…

By : semua tanaman

0 komentar:

1. Good Girl
2. D'MASIF -sudah perih ini
3. Haney Bunny Sweety-G-String.mp3
4. ARMADA-Mau Dibawa Kemana.mp3
5. Ayang Ayangku.mp3
6. Tak Semestinya Kita Berpisah (TSKB).mp3
7. When The Children Cry - White Lion.mp3
Info

Catatan HUGGENG|CYBER

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA :), MAAF KALO DI BLOG INI ISI DARI KONTEN KURANG MENARIK< TETAPI SAYA AKAN MEMBUAT PARA PENGUNJUNG SENANG DI BLOG INI

Sekilas Tentang Admin

Saya Buakanlah Profesional Pembuat Blog Atau Web, Saya Masih Butuh Belajar, Dari Rekan2 Bloger. INFO:
BLOG ANAK INDONESIA UNTUK ANDA SEMUA

Follow

Follow HUGGENG|CYBER

Nikmati Layanan TV Online Gratis di HUGGENG|CYBER *